Jumat, 28 Oktober 2011

Proposal PKMP

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan Nasional telah mempunyai landasan yang jelas dengan berlakunya Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, seperti tertuang dalam bab II pasal 3, yang menyatakan bahwa:
`.... " Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. '' ....
Landasan tersebut menempatkan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu darma atau tugas pokok perguruan tinggi di Indonesia, di samping darma pendidikan dan darma penelitian. Dengan dilaksanakannya darma pengabdian kepada masyarakat, diharapkan selalu ada keterkaitan, bahkan kebersamaan antara
perguruan tinggi dan masyarakat. Dengan landasan pemikiran ini, diharapkan ada usaha yang sadar untuk mencegah terjadinya isolasi perguruan tinggi dari masyarakat lingkungannya. Usaha tersebut harus juga dilaksanakan sejalan dengan tujuan pendidikan tinggi seperti tertuang dalam PP No. 60 Tahun 1999 bab II pasal 2 ayat 1b, yang antara lain untuk:
......" Mengembangkan dan menyebarluaskaan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional" .....
Karena pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas pokok perguruan tinggi, maka pelaksanaannya harus didukung. oleh segenap warga perguruan tinggi, yang dilandasi oleh
pemahaman yang benar, tentang pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi sesuai dengan bunyi PP No. 60 Tahun 1999 bab III pasal 3 ayat 4, yang menyatakan bahwa:
....."Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat"...
Mengingat landasan yang di atas sangat penting dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu di tingkatkan agar potensi-potensi yang ada di masyarakat desa maupun kota terus berkembang sehingga jadi salah satu pendorong kemajuan bangsa.Karena di era globalisasi untuk menjawab tantangan dunia modern perlu adanya usaha dan sebuah bekal yang maksimal, baik di masyarakat kota maupun desa. Bekal potensi itu salah satunya adalah pengetahuan tentang teknologi informatika. Sekarang ini teknologi informatika dalam perkembanganya sangat mempengaruhi pola dan gaya hidup di masyarakat kita. Karena perananya sangat penting perlu adanya sebuah kegitan untuk memperkenalkanya lebih jauh seputar masalah teknologi informasi dan komunikasi seperti kampung informatik
Dengan adanya kampung informatika diharapkan masyarakat di desa lebih mengenal tentang teknologi informatika seperti halnya di kota. Tidak hanya sekedar mengenal teknologi informasi adalah sebuah komputer atau PC, tetapi juga mengenalkan dan mengajarkan tentang komputer, bagaimana untuk mendapatkan informasi dari komputer, proses kerja komputer, kegunaan komputer yang digunakan orang-orang kota pada umumnya, mengenalkan berbagai informasi yang membuka wawasan orang-orang desa untuk lebik maju dan berwawasan luas, menjadikan masyarakat yang kreatif, kritis, profesional, mandiri, dan berkompeten dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, informasi, dan menerapakan pemanfaatan teknologi informatika kepada masyarakat secara positif, efesien, dan tepat.
Desa Tambak Rejo merupakan Desa yang masyarakatnya tak mengenal tentang informatika. Daerahnya yang juga tidak jauh dari kota Kabupaten membuat penduduk desa ini ketinggalan sedikit banyak berbagai sumber informasi dan segala kemajuan, meskipun listrik, TV, dan radio sudah masuk di desa Desa Tambak Rejo sepertinya masih kurang dengan apa yang di bandingkan dengan era globalisasi yang maju sangat pesat seperti sekarang. Oleh karena itu, dengan adanya kampung informatika di daerah Desa Tambak Rejo bisa sedikit banyak membatu pengetahuan dan skill tentang berbagai bidang terutama bidang informatika atau khususnya komputer sebagai bekal dan potensi untuk menjawab tantangan era globalisasi. Diharapkan nantinya terbentuk suatu masyarakat yang mandiri dalam mengembangkan potensi di masyarakat.
Potensi masyarakat Desa Tambak Rejo adalah kebanyakan bercocok tanaman atau bisa di katakan petani dan sebagian kecil ada yang berwirausaha. Dari pengetahuan tentang teknologi informatika ini mereka dapat menggalih banyak sumber informasi untuk mengembangkan potensi yang ada di masyarakat. Dan dengan pengetahuan teknologi informatika ini masyarakat juga dapat mempromosikan atau memasarkan hasil-hasil potensi lebih luas ke berbagai wilayah serta membuka jaringan usaha sendiri.
















Visi dan Misi
Visi:
“Menciptakan iklim akademik serta mengembangkan potensi yag ada di lingkungan masyarakat dengan berwawasan IPTEK “
Misi:
1. Memperkenalkan Masyarakat pada ilmu Teknologi Informasi serta peranannya dalam perkembangan di masa ini.
2. Mendidik Masyarakat menjadi manusia yang kreatif, kritis, profesional, mandiri, dan
berkompeten dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, informasi.
3. Menyebarkan ilmu pengetahuan di berbagai bidang terutama bidang informatika
kepada masyarakat.
4. Menerapakan pemanfaatan teknologi informatika kepada masyarakat secara
positif, efesien, dan tepat.
5. Mengupayakan penggunaan ilmu pengetahuan teknologi informatika dan
meningkatkan taraf hidup masyarakat.

TUJUAN
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengembangkan dan menyukseskan pembangunan menuju tercapainya masyarakat yang maju, adil dan sejahtera. Didalamnya termasuk usaha meningkatkan kemampuan khalayak sasaran dalam memecahkan masalahnya sendiri. Dengan demikian, pengabdian kepada masyarakat harus selalu diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang dampak dan manfaatnya dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat. Upaya ini dapat dilakukan terlebih dahulu dengan suatu penelitian atau mengkaji ulang hal-hal yang ditemui pada saat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Secara khusus tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat mencakup hal-hal sebagai berikut:
1. Mempercepat upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia tentang teknologi informatika.
2. Mempercepat upaya pengembangan masyarakat ke arah dinamika masyarakat yang siap menempuh perubahan-perubahan menuju perbaikan di era globalisasi seperti sekarang ini.
3. Mempercepat upaya pembinaan institusi, profesi, dan potensi yang ada di masyarakat agar terciptanya masyarakat yang mandiri dengan kempauan yang di miliki.
4. Meningkatnya kegiatan pembangunan serta meningkatkan kepekaan sivitas akademika terhadap masalah-masalah teknologi yang berkembang dalam masyarakat.
5. Menciptakan masyarakat yang mandiri di Desa Tambak Rejo agar bisa mengelolah potensi Desanya dengan pengetahuan tentang teknolgi informatika.
Sasaran:
1.Warga Masyrakat Dusun Arwa Gunting Desa Tambak Rejo Kecamatan Krembung Kabupaten Sidaorjo.
2.Masyarakat Indonesia pada umumnya.












BAB II
Konsep Pengantar Pengembangan Kampung Informatik.
Dengan sarana dan prasarana komputer serta terhubung ke internet di kantor kampung informatika sebagai tempat mengembangkan potensi diri dan khususnya untuk belajar tentang informatika atau kamputer bagi warga masyarakat Desa Tambak Rejo. Kampung informatika ini akan lebih bermanfaat untuk masyarakat karena memberikan media-media informasi yang lebih luas, pengetahuan yang luas, pikiran akan terbuka, dengan disediakan perpustakaan mini masyarakat yang ingin belajar dan mempraktekkan ilmu computer dan bisa membaca-baca buku yang ada di perpustakaan mini.
Bagi masyarakat yang ingin mendalami bisa mendaftarkan diri dengan gratis untuk di atur pengaturan jadwal dengan acara yang telah ada sehingga bisa di koordinasi dan medapat prioritas daripada yang tidak mendaftarkan diri. Bagi masyarakat yang memiliki masalah mengenai komputer dan informasi dapat berkonsultasi. Di kampung informatika ini juga menyediakan jasa servis komputer.










Masyarakat sejahtera dengan IPTEK DAN WAWASAN TINGGI

Bentuk kegiatan
1.Forum Informatika
Sebuah kegiatan yang memfasilitasi masyrakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan tentang komputer dan teknologi informatika dengan layanan internet gratis.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Setiap Hari / 1-31 Agustus 2011.
Waktu : 08.30 – 20.00 WIB .
Tempat : Kantor Kampung Informatika .
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.

2. Perpustakaan mini
Kegiatan ini memfasilitasi masyarakat dengan terdapat buku-buku yang dapat menunjang masyarakat dalam mengembangkan pengetahuanya di segala bidang.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Setiap hari / 1-31 Agustus 2011.
Waktu : 08.30 – 20.00 WIB .
Tempat : Kantor Kampung Informatika .
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.
3. Seminar
Kegiatan seminar ini akan di bagi menjadi 2 bagian dengan pembahasan topik yang berbeda.Topik yang pertama yaitu”Pengenalan Teknologi Informatika” yang di maksudkan sebagai awal pembukaan kampung informatika. Topik yang kedua adalah”Internet Sehat” yang bertujuan untuk memperkenalkan internet kepada masyarakat dan di pergunakan secara positif.

PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Minggu / 31 Juli & 14 Agustus 2011 .
Waktu : 08.00 – 11.00 WIB .
Tempat : Balai Desa Setempat .
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.
4.Pameran Kreasi IT-UMSIDA
Sebuah pameran yang menampilkan aplikasi-aplikasi, hardware, dan desain menarik hasil karya mahasiswa UMSIDA.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Minggu / 31 Juli 2011.
Waktu : 08.00 – 15.00 WIB.
Tempat : Balai Desa Setempat .
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.
5.Nonton bareng
Kegiatan nonton film bareng ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dan masyarakat.Kegiatan ini juga salah satu upaya untuk menarik masyarakat dalam ikut serta mensukseskan dan mewujudkan kampung informatika.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Minggu / 7 & 21 Agustus 2011.
Waktu : 19.00 –22 .00 WIB.
Tempat : Balai Desa Setempat dan Kantor Kampung Informatika.
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.


6.Diskusi IT
Diskusi IT adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menuntaskan masalah masalah yang timbul di masyarakat selama kegiatan berlangsung baik tentang materi pelatihan maupu kegiatan-kegiatan lainya.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Sabtu / 6 & 27 Agustus 2011.
Waktu : 11.00 – 15.00 WIB.
Tempat : Kantor Kampung Infotmatika.
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.
7.Pelatihan (work shop)
Bentuk kegiatan yang diselenggarakan secara praktek setelah mengikuti acara seminar dan forum yang diikuti oleh semua warga kampung Informatik.Pelatihan Paket ini akan di selenggarakan secara berkala dan dengan system berkelanjutan sampai.Pelatihan meliputi beberapa materi pelatihan di antaranya:
1. Pelatihan Office 2007
2. Pelatihan Desain dengan corel draw
3. Pelatihan edit foto
4. Pelatihan edit Video
5. Pelatihan buat email dan bolg
7. Pelatihan Dasar Web
8. Pelatihan system operasi
10.Pelatihan Jaringan
PELAKSANAAN
Hari / tanggal : Senin-Jum’at / 1-31 Agustus 2011.
Waktu : 15.30:00 – 17:00 WIB .
Tempat : Kantor Kampung Informatika .
Sasaraan : semua kalangan masyarakat.

8. Servis Komputer
Kegiatan ini membantu masyarakat dalam penanganan masalah-masalah kerusakan komputer secara gratis.
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Senin-Jum’at / 1-31 Agustus 2011.
Waktu : 08.00 – 15.00 WIB .
Tempat : Kantor Kampung Infotmatika.
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.
9. Lomba-lomba
Lomba-lomba ini adalah suatu kegiatan penutup untuk menjadi tolak ukur seberapa besar ilmu tentang IT yang diserap di dapatkan di kampung informatika.Lomba-lomba ini antara lain:
1.Lomba mengetik surat di email
2.Lomba edit foto
3.Lomba edit vedio
4.Lomba membuat desain blog
PELAKSANAAN:
Hari / tanggal : Senin-Rabu / 22-31 Agustus 2011.
Waktu : 11.00 – 15.00 WIB .
Tempat : Kantor Kampung Infotmatika.
Sasaraan : Semua Kalangan Masyarakat.



10. Karaoke Live
Acara penutup yang diselenggarakan untuk menghibur dan menjaga tali silaturrahmi antara warga Desa Tambak Rejo dengan panitia atau mahasiswa yang melaksanakan PKM Kampung Informatika.
PELAKSANAAN
Hari / tanggal : Rabu 31 Agustus 2011.
Waktu : 15.00 - 22:00 .
Tempat : Kantor Kampung Informatika.
Sasaran : Semua kalangan Masyarakat.

RUNDOWN ACARA SELAMA SATU BULAN
WAKTU KEGIATAN KETERANGAN
Hari / Tgl JAM
Minggu
31-07-2011
08:30 – 09:00

08:30 – 11.30

09:30 – 15:00
 Pembukaan

 Seminar

 Pameran IT
Gunting Pita oleh Kepela Desa

Di Gedung Balai Desa

Hasil karya anak UMSIDA
Senin
01-08-2011

08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
Melayani Internet gratis

Membaca dan pijam buku gratis

Membantu permasalahan IT

Pelatihan office 2007(word)
Selasa
02-08-2011

08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan office 2007(excel)
Rabu
03-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan office 2007(power point)
Kamis
04-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan desain(corel draw)
Jum’at
05-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan desain(corel draw)
Sabtu
06-08-2011
08.30 – 15.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Diskusi IT
-

-

permasalahan IT yang timbul selama pelatihan
Minggu
07-08-2011
08.30 – 15.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00

19.00 – 22.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Pelatihan

 Nonton Bareng
-

-

Pelatihan edit video

Film Nasionalisme
Senin
08-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan edit foto(photoshop)

Selasa
09-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan edit foto(photoshop)
Rabu
10-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan buat email
Kamis
11-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan membuat blog
Jum’at
12-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan desain blog
Sabtu
13-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Pelatihan
-

-

Pelatihan jaringan komputer
Minggu
14-08-2011
08.30 – 11.30

12.00 – 20.00

12.00 – 20.00
 Seminar

 Forum Informatika

 Perpustakaan mini
Judul “Internet Sehat”

-

-

Senin
15-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan dasar web
Selasa
16-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan optimalisasi web
Rabu
17-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan system operasi
Kamis
18-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Pelatihan system operasi
Jum’at
19-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Pelatihan
-

-

-

Membahas ulang semua pelatihan
Sabtu
20-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Pelatihan
-

-

Sosialisasi lomba-lomba
Minggu
21-08-2011
08.30 – 15.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00

19.00 – 22.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Pelatihan

 Nonton Bareng
-

-

Mempersiapkan lomba-lomba

Film tentang IT
Senin
22-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Mengetik surat di email
Selasa
23-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Mengetik surat di email
Rabu
24-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Buat brosur promosi penjualan
Kamis
25-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Desain foto pribadi
Jum’at
26-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Desain foto pribadi
Sabtu
27-08-2011
08.30 – 15.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Diskusi IT
-

-

Masalah-masalah IT
Minggu
28-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Lomba-lomba
-

-

Edit video menarik
Senin
29-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Membuat blog
Selasa
30-08-2011
08.30 – 20.00

08.30 – 20.00

08.30 – 15.00

15.00 – 17.00
 Forum informatika

 Perpustakaan mini

 Servie Komputer Gratis

 Lomba-lomba
-

-

-

Mendesian blog
Rabu
31-08-2011
08.00 – 14.30

15.00 – 22.00
 Persiapan

 Pembagian Hadiah dan

Karaoke

Di bantu masyarakat desa setempat

Semua Kalangan Masyarakat


BAB III
ANGGARAN DANA
Pemasukan
1. Anggaran PKM Rp. 15.000.000
Pengeluaran
2. Biaya Honorarium
No Pelaksana Jumlah Jam / Hari Lama(Hari) Hari /jam Total(Rp)
1 Ketua Pelaksana 1 12 30 10.000 300.000
2 Anggota 1 1 12 30 10.000 300.000
3 Anggota 2 1 12 30 10.000 300.000
Sub Total 900.000

3. Bahan Habis Pakai
No Bahan Volume Satuan Biaya Satuan(Rp) Total (Rp)
1 Kertas A4 1 Rem 30.000 30.000
2 Foto copy modul 10 Paket 2.000 20.000
3 Dokumentasi 1 Paket 150.000 150.000
4 Biaya penyusunan proposal 3 Paket 8.000 24.000
5 Stempel & Tinta 1 Buah 55.000 55.000
6 Alat tulis 1 Paket 15.000 15.000
7 Cartridge Epson CX 5500 1 Buah 150.000 150.000
8 Foto copy kuesioner 82 Paket 1.500 123.000
Sub Total 567.000

4. Alat Atau Perlengkapan
No Bahan Volume Satuan Biaya Satuan(Rp) Total (Rp)
1 Sewa Tempat 1 Buah 500.000 500.000
2 Pasang Internet 1 Paket 100.000 100.000
3 Akses Internet 1 bulan 600.000 60.000
4 Komputer (P4) 4 3 Bauh 1.500.000 4.500.000
5 Komputer (2 core) 1 Buah 2.200.000 2.200.000
6 Printer Epson CX 5500 1 buah 300.000 300.000
7 Konector RJ45 1 pist 1 Paket 100.000 100.000
8 Kabel listrik 15 Meter 1.500 22.500
9 Kabel LAN 20 Meter 3.000 60.000
10 Stop kontak 10 Buah 2.500 25.000
11 Meja 4 3 Buah 25.000 75.000
12 Sound System 1 Buah 150.000 150.000
13 Microphone 1 Buah 15.000 15.000
14 Switch Hub 1 Buah 520.000 520.000
15 Pemateri Seminar 2 Orang 250.000 500.00
16 Tenda Seminar 2 Buah 750.000 1.500.000
Sub Total 10.627.500

5. Akomodasi Dan Transportasi
No Bahan Volume Satuan Biaya Satuan(Rp) Total (Rp)
Perjalanan
1 Ke lokasi Desa Tujuan 3 x 2 Orang/PP 10.000 60.000
2 Presentasi Proposal 3 x 3 Orang/PP 5.000 30.000
Konsumsi
1 Pemateri 2 Orang 15.000 30.000
2 Peserta - Warga 900.000 900.000
Sub Total 1.040.000



6. Biaya Publikasi
No Bahan Volume Satuan Biaya Satuan(Rp) Total (Rp)
1 Back Drop Seminar Buah 2 75.000 150.000
2 Back Drop Kegiatan Buah 1 50.000 50.000
3 Banner Kegiatan Buah 5 20.000 100.000
4 Undangan Acara Kegiatan Buah 15 2.500 37.500
Sub Total 337.500

7. Biaya Laporan Dan Lain-lain
No Bahan Volume Satuan Biaya Satuan(Rp) Total (Rp)
1 Analisis Kegiatan 1 Paket 200.000 200.000
2 Hadiah Lomba Juara 1 4 Orang 150.000 600.000
3 Hadiah Lomba Juara 2 4 Orang 100.000 400.000
4 Hadiah Lomba Juara 3 4 Orang 50.000 200.000
5 Dana Tidak Terduga 1 Paket 128.000 128.00
Sub Total 1.528.000












Penutup

Demikian proposal PKM yang berjudul” Kampung Informatika Untuk Mengembangkan Potensi Warga Berbasis IT Di Desa Tambak Rejo”. kami buat dengan sebenar-benarnya dan disampaikan kepada semua pihak sebagai informasi dan sekaligus menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.







Sidoarjo,

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management